Tentang Kami

Dasar perangkat lunak komputer tidak hanya membuat perangkat keras komputer Anda melakukan tugas-tugas penting, tetapi juga dapat membantu bisnis Anda bekerja lebih efisien. Perangkat lunak yang tepat bahkan dapat menyebabkan cara kerja baru. Oleh karena itu aset bisnis yang penting dan Anda harus memilih perangkat lunak dengan hati-hati sehingga cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Perangkat lunak adalah program yang diperlukan untuk mencapai input, pemrosesan, output, penyimpanan, dan kegiatan kontrol sistem informasi.

Dan Perangkat lunak sistem digunakan untuk memulai dan menjalankan sistem dan jaringan komputer. Ini termasuk sistem operasi. Alat pemrograman komputer (juga dikenal sebagai perangkat lunak pengembangan) digunakan untuk membuat aplikasi dan perangkat lunak sistem.

Dasar perangkat lunak komputer

Manfaat Bisnis dari Perangkat Lunak Baru

Sebelum berinvestasi dalam perangkat lunak baru, Anda harus memikirkan apa yang Anda inginkan untuk Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin:

  • Potong biaya dengan mengotomatisasi tugas-tugas rutin
  • Tingkatkan layanan pelanggan
  • Memungkinkan karyawan Anda bekerja lebih efisien
  • Berkomunikasi dan berkolaborasi secara elektronik dengan pemasok atau mitra

Luangkan waktu untuk berbicara dengan karyawan, pemasok, dan pelanggan Anda yang mungkin memiliki ide untuk meningkatkan proses bisnis Anda menggunakannya.

Tuliskan tujuan dan manfaat potensial dari perangkat lunak baru, memprioritaskan daftar untuk mengerjakan pengembalian investasi terbaik.

Pilih perangkat lunak yang akan berjalan pada perangkat keras Anda saat ini, selama ini tidak mengurangi manfaat potensial. Anda harus memasukkan biaya peningkatan perangkat keras apa pun dalam anggaran Anda.

Atau, lihat outsourcing persyaratan perangkat lunak Anda – mis. Cloud Computing – yang dapat membantu mengurangi biaya perangkat lunak dan perangkat keras Anda.

Perencanaan untuk masa depan

Idealnya Anda harus mengembangkan strategi jangka panjang, mencakup masa depan Anda. Ini harus memperhitungkan potensi perubahan pada pelanggan, tingkat kepegawaian dan / atau produk dan layanan Anda.

Jenis perangkat lunak

Ada berbagai jenis perangkat lunak dan Anda perlu mengetahui perbedaan di antara mereka.

Dimungkinkan untuk menulis perangkat lunak khusus untuk bisnis Anda. Anda juga bisa:

  • Tulis sendiri perangkat lunak. Jika Anda menjalankan bisnis kecil, menulis perangkat lunak sendiri tidak mungkin hemat biaya karena Anda perlu memiliki keahlian yang signifikan dan banyak waktu.
  • Memiliki perangkat lunak yang ditulis oleh pemasok eksternal. Dengan bantuan spesialis, Anda harus mendapatkan fungsionalitas yang tepat yang Anda butuhkan. Namun, harganya cenderung tinggi, dan Anda akan terkait dengan pemasok itu untuk dukungan di masa depan.

Memproduksi perangkat lunak yang dipesan lebih dahulu dapat memakan waktu lama dan staf Anda perlu memiliki input dalam proses pengembangan. Untuk sebagian besar bisnis kecil, perangkat lunak yang dipesan lebih dahulu mungkin bukan pilihan terbaik.

Sistem atau perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak sistem tidak secara langsung berguna untuk keperluan bisnis tetapi membuat perangkat keras komputer bermanfaat. Contohnya adalah sistem operasi Microsoft Windows.

Perangkat lunak aplikasi dirancang untuk penggunaan khusus – seperti pengolah kata atau akun. Anda memerlukan kedua jenis perangkat lunak.

Perangkat lunak yang dikemas

Paket perangkat lunak standar biasanya merupakan pilihan terbaik untuk usaha kecil. Dalam beberapa kasus, perangkat lunak dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda jika tidak termasuk semua fungsi yang Anda butuhkan.

Perangkat lunak yang dikemas distandarisasi dan umumnya murah. Bisa juga masuk akal untuk mengubah praktik bisnis Anda agar sesuai dengan perangkat lunak daripada memiliki perangkat lunak yang secara khusus ditulis.

Volume tinggi penjualan perangkat lunak kemasan biasanya berarti Anda akan dapat memperoleh dukungan dan pelatihan dari sejumlah sumber yang berbeda.

Open Source dan Software Proprietary

Perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh pemasok dan disediakan untuk Anda gunakan di bawah Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA), yang Anda terima secara efektif ketika Anda menginstal perangkat lunak. Lisensi menetapkan bagaimana perangkat lunak dapat digunakan dan biasanya melarang Anda melakukan hal-hal tertentu, seperti:

  • membuat salinan perangkat lunak dan meneruskannya
  • Menjual lisensi Anda kepada orang lain

Sebagian besar perangkat lunak berpemilik datang tanpa kode sumber. Ini adalah kode yang awalnya ditulis oleh programmer. Tanpa kode ini baik Anda maupun pemasok perangkat lunak lain tidak dapat membuat perubahan pada paket perangkat lunak.

Ketika Anda membeli paket perangkat lunak berpemilik, Anda tidak membeli perangkat lunak – Anda membeli hak untuk menggunakan perangkat lunak dengan cara tertentu. Perusahaan perangkat lunak memiliki perangkat lunak.

Sebagian besar paket off-the-shelf adalah perangkat lunak eksklusif

Perangkat lunak open source dibuat di bawah lisensi yang memungkinkan Anda membuat salinan dan meneruskannya kepada siapa pun. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan kode sumbernya – yang dapat Anda ubah untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Lisensi untuk perangkat lunak open source sangat bervariasi. Beberapa lisensi mengharuskan Anda membuat perubahan pada kode sumber yang tersedia secara publik, sementara yang lain akan memungkinkan Anda untuk menjaga perubahan itu secara pribadi. Anda harus membaca lisensi sebelum menggunakan atau mengubah perangkat lunak.

Open Source Software biasanya tersedia untuk diunduh gratis atau di luar rak dengan biaya rendah.

Keuntungan dari perangkat lunak open source meliputi:

  • Biaya lisensi perangkat lunak yang lebih rendah
  • Tidak ada kunci pemasok
  • Buka Standar yang mendukung pengembangan kolaboratif
  • Kebebasan untuk meningkatkan perangkat lunak karena sesuai dengan bisnis Anda

Kerugian utama adalah:

  • Mungkin sulit untuk mendapatkan dukungan
  • Beberapa format eksklusif seperti format ‘.doc’ Microsoft Word sangat banyak digunakan sehingga format lain mungkin kurang dapat diterima untuk bisnis

Lisensi untuk perangkat lunak berpemilik

Pastikan Anda membeli perangkat lunak berlisensi dan tetap aman bukti kepemilikan Anda, seperti CD distribusi asli atau sertifikat keaslian yang di-hologram.

Perangkat lunak eksklusif tersedia di bawah sejumlah jenis lisensi yang berbeda.

Lisensi shrink-wrap biasanya untuk satu instalasi perangkat lunak. Ini adalah jenis lisensi yang paling umum untuk perangkat lunak yang akan Anda temukan di toko ritel, termasuk outlet online.

Beberapa versi lisensi jenis ini dapat mengharuskan Anda untuk mengaktifkan perangkat lunak. Ini memungkinkan pemasok untuk memeriksa bahwa perangkat lunak diinstal hanya pada satu PC. Perangkat lunak tersebut mungkin memerlukan aktivasi ulang jika Anda mengubah perangkat keras di PC.

Lisensi situs jauh lebih ketat. Mereka biasanya mengizinkan pengguna sebanyak yang Anda inginkan di satu lokasi.

Pembajakan perangkat lunak

Lisensi perangkat lunak seringkali mahal, dan mungkin menggoda untuk membeli hanya satu lisensi untuk suatu produk dan menyalinnya untuk beberapa pengguna. Industri perangkat lunak melindungi pendapatan lisensi dan, jika Anda ditemukan, Anda dan bisnis Anda dapat menghadapi penuntutan.

Berhati-hatilah membeli perangkat lunak yang sangat murah karena mungkin dibajak oleh penjahat. Ada kasus-kasus perusahaan yang memasok sistem berlisensi lengkap menggunakan versi bajakan dari perangkat lunak jaringan atau sistem operasi.

Software tersedia yang akan menyelidiki perangkat lunak dan perangkat keras yang berjalan di komputer Anda dan membangun inventaris untuk Anda. Ini adalah investasi yang baik, sebagian untuk manajemen sumber daya Anda sendiri dan sebagian karena itu membantu Anda melawan tuduhan menjalankan perangkat lunak tanpa izin.